UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ARIF, MUHAMMAD WILDAN (2014) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
awal.docx

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (114kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
cover.docx

Download (101kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari kejadian yang terjadi dimasyarakat. Maraknya pergaulan bebas yang terjadi dikalangan remaja telah mengbayang-bayangi orang tua akan pendidikan agama anaknya. Kurangnya pengetahuan tentang agama mengakibatkan pergaulan remaja semakin tak terbendung dengan asas-asas agama. Dengan pengetahuan agama akan lebih mengurangi pergaulan yang negatif, karena agama mengajarkan kita untuk patut dan menjalani serta menjauhi larangan-Nya. Peran orang tua disini sangan diperlukan, tak lepas dari itu jauh lebih penting lagi ialah peran seorang guru, khususnya guru Agama Islam, yang mampu menumbuhkan dan memperkuat pendidikan agama anak didik. Selain itu juga dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan guru agama islam dalam pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Fokus masalah penelitian yaitu: 1) metode apa saja yang digunakan guru PAI dalam upaya pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2) media apa saja yang digunakan guru PAI dalam upaya pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru PAI dalam pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah 1) untuk mendeskripsikan metode yang digunakan guru PAI dalam upaya pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 2) untuk mendeskripsikan media yang digunakan guru PAI dalam upaya pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru PAI dalam pembinaan keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini berguna bagi penulis untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan upaya guru agama dalam pembinaan keagamaan, bagi lembaga dapat dijadikan pertimbangan dan acuan dalam memberikan pendidikan Agama . dan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dapat dijadikan wacana baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya perkembangan pendidikan agama islam. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menanyakan hal-hal yang terkait upaya guru agama islam dalam pembinaan keagamaan siswa. Metode dokumentasi untuk memperjelas dan mendukung data data yang diperoleh dari wawancara, sedangkan metode observasi digunakan untuk mengecek dan pembuktian apa yang diperoleh dari metode wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu ‎kesimpulan bahwa metode yang digunakan Guru PAI dalam upaya pembinaan ‎keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon yang pertama ‎menggunakan metode keteladanan dimana para guru memberikan contoh suri ‎tauladan yang baik bagi siswa dengan mengikuti kegiatan keagamaan meliputi ‎membaca Al-Qur’an setiap pagi, shalat dhuha berjamaah sebelum istirahat, hafalan ‎surat yasin dan shalat dhuhur berjamaah, metode yang kedua ialah metode ‎ceramah, dan yang ketiga adalah metode targhib dan ‎tarhib dimana terletak dalam isi materi ceramah. Adapun media yang digunakan ‎guru PAI dalam pembinaan keagamaan meliputi Al-Qur’an yang digunakan ‎disetiap pagi, dan sarana dan prasarana masjid guna melakukan kegiatan ‎keagamaan seperti shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah. Sedangkan faktor ‎pendukung dalam upaya pembinaan keagamaan di MTs Darul falah meliputi ‎sarana dan prasarana yang memadai dan ketekunan guru untuk selalu ‎mendampingi dan memberi contoh dalam setiap kegiatan keagamaan yang ada di ‎MTs Darul Falah, adapun faktor penghambat ialah kesadaran siswa itu sendiri ‎yang kurang sadar akan pentingnya kegiatan keagamaan.‎

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 18 Feb 2016 02:16
Last Modified: 18 Feb 2016 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item