PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 10 BLITAR

YENI DWI RAHMAWATI, 12204173192 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Yeni Dwi Rahmawati, NIM 12204173192, dengan dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID), Kemampuan Koneksi Matematis, Hasil Belajar. Fenomena yang ada di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran kurang efektif dan menarik yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar, 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar 4) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 10 Blitar. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Tes kemampuan koneksi matematis dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji-t (independent sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar 2) Ada pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar adalah 0,82, dalam interpretasi cohen’s yaitu 79%, 4) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar adalah 0,84, dalam interpretasi cohen’s yaitu 79%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173192 YENI DWI RAHMAWATI
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:34
Last Modified: 07 Jun 2023 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36094

Actions (login required)

View Item View Item