YENI DWI RAHMAWATI, 12204173192 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (895kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Yeni Dwi Rahmawati, NIM 12204173192, dengan dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID), Kemampuan Koneksi Matematis, Hasil Belajar. Fenomena yang ada di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran kurang efektif dan menarik yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar, 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar 4) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 10 Blitar. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Tes kemampuan koneksi matematis dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji-t (independent sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar 2) Ada pengaruh model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran C-MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar adalah 0,82, dalam interpretasi cohen’s yaitu 79%, 4) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran C-MID terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 10 Blitar adalah 0,84, dalam interpretasi cohen’s yaitu 79%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173192 YENI DWI RAHMAWATI |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:34 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36094 |
Actions (login required)
View Item |