ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENJAGA KEPUASAN PELANGGAN PADA PENJUAL TEH POCI KRISNA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

ISTIKHANUL NGAZZA CILVIA, 12402183329 (2023) ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENJAGA KEPUASAN PELANGGAN PADA PENJUAL TEH POCI KRISNA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Etika Bisnis Islam dalam Menjaga Kepuasan Pelanggan pada Penjual Teh Poci Krisna di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Istikhanul Ngazza Cilvia, NIM. 12402183329. Dosen pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Tingginya jumlah pembeli minuman khususnya produk Teh Poci Krisna, membuat usaha tersebut membuka banyak cabang. Dalam sebuah bisnis khususnya jual beli, sangat penting untuk mengetahui dan menerapkan etika bisnis sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai pemahaman etika bisnis Islam dan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam oleh penjual Teh Poci Krisna di Kabupaten Tulungagung dalam menjaga kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pemahaman etika bisnis Islam oleh penjual Teh Poci Krisna di Kabupaten Tulungagung. 2) mengetahui prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang diterapkan oleh penjual Teh Poci Krisna di Kabupaten Tulungagung. 3) mengetahui peran penerapan etika bisnis Islam dalam menjaga kepuasan pelanggan Teh Poci Krisna di Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Mayoritas penjual Teh Poci Krisna di Kabupaten Tulungagung telah mengetahui dan memahami etika bisnis Islam. 2) Mengenai penerapan etika bisnis Islam dalam beberapa prinsip yaitu prinsip ketauhidan, prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebaikan, yang didapatkan dari wawancara oleh peneliti pada penjual Teh Poci Krisna dan dikuatkan oleh pendapat pembeli maka dapat dikatakan bahwa mayoritas penjual Teh Poci Krisna sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. 3) mengenai peran penerapan etika bisnis Islam dalam menjaga kepuasan pelanggan dapat dikatakan bahwa mayoritas pelanggan Teh Poci Krisna merasa puas akan pelayanan dan kualitas produk yang diberikan. Kata kunci: Bisnis Islam, Etika, Kepuasan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183329 ISTIKHANUL NGAZZA CILVIA
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:49
Last Modified: 05 Jul 2023 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37103

Actions (login required)

View Item View Item