MUTTIA KAMALUDDINA UMMAH, 12103193095 (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Pelayanan Publik Puskesmas Karangrejo). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (565kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Muttia Kamaluddina Ummah, 12103193095, “Efektivitas Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Hukum Positif Dan Fiqih Siyasah (Studi Kasus Pelayanan Publik Puskesmas Karangrejo)” Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing, Fahmi Arif, MH. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah terkait efektivitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Karangrejo, Kecamatan Karangrejo. Seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur, kurangnya sumber daya manusia dalam pelayanan hingga sarana dan prasarana yang belum maksimal sehingga mempengaruhi tingkat efektivitas pelayanan yang diterima oleh masyarakat. Fokus penelitian ini yang berkaitan dengan Efektivitas pelaksanaan standar pelayanan publik ini adalah 1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan standar pelayanan publik di Puskesmas Karangrejo berdasarkan hukum positif? 2) efektivitas pelaksanaan standar pelayanan publik di Puskesmas Karangrejo berdasarkan fiqih siyasah? Adapun yang menjadi tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menguji efektivitas pelaksanaan standar pelayanan publik di Puskesmas Karangrejo berdasarkan hukum positif. 2) Untuk menguji efektivitas pelaksanaan standar pelayanan publik di Puskesmas Karangrejo berdasarkan fiqih siyasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hukum empiris yang melibatkan 44 orang responden sebagai sampel dalam mengukur efektivitas pelayanan yang diberikan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang disebarkan pada responden dan observasi pada sasaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan standar pelayanan publik di Puskesmas Karangrejo dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Hari Lubis dan Martani Husein serta beberapa indikator dari Siagian, yakni prosedur pelayanan, semangat kerjasama dan loyalitas serta gaya dalam pelayanan, sarana prasarana dan kecermatan dalam pelayanan menunjukkan tingkatan efektif, namun masih memerlukan peningkatan dan perbaikan pada sejumlah aspek. Penulis menyimpulkan pelayanan publik pada Puksesmas Karangrejo berjalan sesuai dengan hukum positf dan fiqih siyasah karena memenuhi asas-asas yang ada kesejahteraan rakyat terjamin oleh pemerintah. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, Puskesmas, Hukum Positif, Fiqih Siyasah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Tata Negara |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | S1 12103193095 MUTTIA KAMALUDDINA UMMAH |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37481 |
Actions (login required)
View Item |