PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEGENSI, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SEKECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

SITI HUSNUL KHOTIMAH, 1755144028 (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEGENSI, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SEKECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGKET PENELITIAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HASIL UJI SPSS.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EXECUTIVE SUMMARY.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khotimah, Siti Husnul. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. Munardji, M.Ag dan 2) Dr. M. Jazeri, M.Pd Kata Kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan intelegensi, motivasi belajar, hasil belajar siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosi sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam hidup, jadi perlu kajian yang lebih dalam menyikapi tentang kecerdasan emosi ini sehingga potensi-potensi sosial akan terwujud ketika kecerdasan emosi ini mampu dijalankan dengan cara seksama dan kontinu untuk pencapaian kehidupan yang lebih baik. Adanya kecerdasan IQ, walaupun tes ini hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan, inteligensi merupakan kemampuan global yang dimiliki oleh individu agar bisa bertindak secara terarahdan berpikir secara bermakna serta bisa berinteraksi dengan lingkungan secara efisien. Guru dapat memotivasi siswanya dengan cara membangkitkan minat belajarnya dan dengan cara memberikan dan menimbulkan harapan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kecerdasan emosional, kecerdasan Intelegensi dan motivasi belajar dan Hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? 2) Adakah Pengaruh kecerdasan Emosional terhadap Hasil belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? 3) Adakah Pengaruh kecerdasan Intelegensi terhadap Hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? 4) Adakah Pengaruh motivasi belajar terhadap Hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? 5) Adakah Pengaruh kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan asosatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 720 siswa atau responden, teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitiannya adalah 88 responden atau siswa yang diambil dari Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Gandusari. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitiannya adalah 1) Berdasarkan hasil analisis data angket kecerdasan emosional, kecerdasan Intelegensi dan motivasi belajar terhadap Hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek diperoleh bahwa: (a) kecerdasan emosional siswa menunjukkan kriteria baik, (b) kecerdasan intelegensi memperoleh kriteria cukup, (c) motivasi belajar menunjukkan kriteria baik, dan (d) hasil belajar siswa memperoleh kriteria sangat baik. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dibuktikan dari t hitung > t tabel (2.094 > 1,663). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa variabel kecerdasan emosional secara sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan intelegensi terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang ditunjukkan dari perolehan nilai t hitung > t tabel ( 3.306 > 1,663). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa variabel Kecerdasan Intelektual secara sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh terhadap hasil belajar. 4) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang dibuktikan dari perolehan nilai t hitung > t tabel (2.789 > 1,663). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa variabel motivasi belajar secara sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh terhadap hasil belajar. 5) Ada Pengaruh kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang dibuktikan dari perolehan nilai dari F hitung (7.950) > F tabel (2.72) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755144028 siti husnul khotimah
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:17
Last Modified: 08 Dec 2016 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item View Item