PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN KOTA BLITAR

ENDIKA RAHMAWATI, 12212193086 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Endika. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam di MAN Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Berpikir Kritis Sebagian siswa menganggap bahwa materi pelajaran hidrolisis garam merupakan materi yang dianggap sulit, hal ini karena di dalamya terdapat banyak konsep abstrak dan rumus perhitungan serta membutuhkan keterampilan berpikir kritis, guru masih cenderung menggunakan metode konvensional dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, dengan model pembelajaran discovery learning dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi hidrolisis garam. Peneliti dalam hal ini meneliti mengenai pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di MAN Kota Blitar. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi hidrolisis garam di MAN Kota Blitar dan (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-experimental. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa LKPD dan instrumen tes. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan uji statistik inferensial yang meliputi uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji-T sampel independent dan uji Mann-Whitney. Instrumen divalidasi oleh validator dosen ahli kimia dan guru mata pelajaran kimia di MAN Kota Blitar. Hasil validasi tes (posttest) hasil belajar diperoleh rata-rata sebesar 90,65% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi tes (posttest) keterampilan berpikir kritis diperoleh rata-rata sebesar 95,24% dengan kategori sangat baik. Adapun rata-rata hasil validasi instrumen LKPD sebesar 92,19% dengan kategori sangat baik. Peneliti menggunakan soal berpikir kritis sebanyak 6 soal dan 20 soal hasil belajar siswa. Adapun hasil uji reliabilitas instrumen posttest hasil belajar siswa didapatkan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,685 dengan kategori tinggi, sedangkan keterampilan berpikir kritis didapatkan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,529 dengan kategori cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi hidrolisis garam di MAN Kota Blitar dan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di MAN Kota Blitar. Dengan model pembelajaran discovery learning diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di MAN Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193086 Endika Rahmawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:48
Last Modified: 24 Aug 2023 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39226

Actions (login required)

View Item View Item