PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN AKSES PEMBELIAN DAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENGGUNA SHOOPE DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

NIKI DWI RUKMINI, 12402193238 (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN AKSES PEMBELIAN DAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENGGUNA SHOOPE DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Akses, dan Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Niki Dwi Rukmini, NIM. 12402193238, pembimbing Dr. Ali Mauludi AC, M.A. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Perilaku konsumtif merupakan pembelian barang dengan tidak memikirkan fungsi dan kegunaannya tetapi memikirkan prestise dari barang yang akan di beli, sehingga dapat di katakan bahwa perilaku ini lebih mementingkan keinginannya di bandingkan dengan kebutuhan. Perilaku konsumen yang membeli barang�barang mahal untuk menunjukkan kekayaan dan status sosial, bukan untuk memenuhi kebutuhan yang sebenarnya. Masalah perilaku konsumtif merupakan suatu hal yang sering terjadi di kalangan remaja jika perilaku ini terus menerus dilakukan maka akan menimbulkan efek yang merugikan individu itu sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja diantaranya adalah literasi keuangan yaitu pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan, kemudahan akses pembelian yaitu sejauh mana seseorang yakin bahwa dengan menggunakan suatu teknologi tersebut akan bebas dari sebuah usaha, dan penggunaan Shoope PayLater yaitu penggunaan fitur pembayaran nontunai yang mengusung konsep beli sekarang, bayar nanti. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menguji pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif 2) menguji pengaruh kemudahan akses terhadap perilaku konsumtif 3) menguji pengaruh yang penggunaan shopee paylater terhadap perilaku konsumtif 4) menguji pengaruh literasi keuangan, kemudahan akses, dan penggunaan shopee paylater terhadap perilaku konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 remaja di Kabupaten Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel literasi keuangan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. 2) Variabel kemudahan akses berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. 3) Variabel penggunaan shopee paylater berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. 4) Variabel literasi keuangan, kemudahan akses, penggunaan shopee paylater secara bersana-sama berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Kemudahan Akses, Penggunaan Shopee Paylater, Perilaku Konsumtif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Toko Online
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:19
Last Modified: 20 Sep 2023 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40341

Actions (login required)

View Item View Item