PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN & HADIS DI MTsN 1 KOTA BLITAR

AHMAD SYIHABUDDIN, 12201193059 (2023) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN & HADIS DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Syihabuddin, Ahmad. 2023. Penerapan Metode Tutor Sebaya oleh Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar. Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Dr. Ahmad Fikri Amrullah, S.Hum., M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Peningkatan Motivasi Belajar, Al-Qur’an & Hadis. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Kota Blitar melalui penerapan metode tutor sebaya oleh guru pendidikan agama islam. Motivasi dalam belajar merupakan salah satu faktor yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena motivasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Jika hasil belajar yang diperoleh siswa rendah maka tentulah tujuan pembelajaran tidak sepenuhnya. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tutor sebaya bagi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar, 3) Bagaimana implikasi dari penerapan metode tutor sebaya bagisiswa pada mata pelajaran Al-Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Al- Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode tutor sebaya bagi motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar, 3) Untuk mengetahui implikasi dari penerapan metode tutor sebaya bagi siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an & Hadis di MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan atau metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti memberikan gambaran menyeluruh tentang peranan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di MTsN 1 Kota Blitar. Teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan trigulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode penerapan tutor sebaya ini diawali dengan pengarahan dari guru dan kemudian akan dibentuk menjadi beberapa kelompok serta pemilihan tutor secara bergilir. Penerapan metode ini dilakukan dengan kreatifitas yang dimiliki seorang tutor seperti merangkum atau menyederhanakan penjelasan materi. Tidak hanya di dalam kelas sisiwa juga melakukan proses belajar di luar jam pelajaran sebagai upaya peningkatan motivasi belajar. 2) Faktor pendukung dari penerapan metode tutor sebaya untuk menigkatkan motivasi belajar siswa yaitu ketekunan dan keaktifan siswa, kebugaran tubuh, monitoring guru, kreatifitas tutor, ketertiban siswa, suasana nyaman, & kisah teladan. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya minat belajar, introvert, gaduh, lelah dan mengantuk. 3) Implikasi Tutor sebaya pada motivasi belajar siswa ini mengakibatkan keseluruhan siswa lebih akrab antara satu sama lain sehingga semangat belajar bersama menjadi meningkat, rajin membahas materi , menjadikan nilai mereka menjadi bagus, guru juga lebih mudah untuk melihat perkembangan siswanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fahma mega
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:39
Last Modified: 27 Oct 2023 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41498

Actions (login required)

View Item View Item