PENGARUH MEDIA SOSIAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO (UMKM) DI KABUPATEN TUBAN

ELOK ROSALINA, 12402193012 (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO (UMKM) DI KABUPATEN TUBAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Sosial, Kualitas Pelayanan, dan Inovasi Produk Terhadap Pengembangan Usaha Mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban” ini ditulis oleh Elok Rosalina, NIM 12402193012. Skripsi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung. Pembimbing Dr. Sutopo. M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaku usaha mikro (UMKM) yang masih kurang dalam menerapkan media sosial, kualitas pelayanan, dan inovasi produk terhadap pengembangan usaha sehingga pendapatan dan penjualan menjadi belum maksimal, dengan melihat persaingan pasar yang semakin sulit di era saat ini dengan kemajuan teknologi dan inovasi produk yang semakin bervariasi dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) menguji pengaruh media sosial dalam mengembangkan usaha mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban, 2) menguji pengaruh kualitas pelayanan mengembangkan usaha mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban, 3) menguji dan memaparkan pengaruh inovasi produk terhadap pengembangan usaha mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban, 4) menguji dan memaparkan pengaruh media sosial, kualitas pelayanan, dan inovasi produk terhadap pengembangan usaha mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen UMKM di Kabupaten Tuban. Sampel dilakukan karena peneliti memiliki keterbatasan dalam melakukan penelitian baik dari segi waktu, tenaga, dana dan jumlah populasi yang sangat banyak. Maka peneliti mengambil sampel yang benar-benar representatif (dapat mewakili). Sampel yang dipilih untuk dijadikan penelitian berasal dari pelaku pengembangan usaha mikro (UMKM). eknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas uji multikolinieritas uji autokorelasi uji heteroskedastisitas analisis statistik deskriptif regresi linier berganda, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji T, uji F dan uji koefisien determinasi (R2 ) Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa :1) terdapat pengaruh positif media sosial terhadap pengembangan usaha mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban dengan nilain thitung variabel media sosial (X1) adalah 1.624 > ttabel dengan nilai 1,660 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Dengan nilai thitung > dari ttabel dan nilai signifikasi < 0,05. Maka menolak H0 dan menerima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh secara positif signifikan terhadap pengembangan usaha mikro (UMKM), 2) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap pengembangan usaha mikro (UMKM) (Y) di Kabupaten Tuban dengan melihat thitung variabel kualitas pelayanan (X2) 2,661 > ttabel dengan nilai 1,660 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Dengan nilai thitung > dari ttabel dan nilai signifikasi < 0,05. Maka menolak H0 dan menerima H2. 3) terdapat pengaruh positif signifikan inovasi produk terhadap pengembangan usaha mikro (UMKM) di Kabupaten Tuban dengan melihat thitung variabel inovasi produk (X3) adalah 1,863 > ttabel dengan nilai 1,661 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Dengan nilai thitung > dari ttabel dan nilai signifikasi < 0,05. Maka menolak H0 dan menerima H3. Kata Kunci: Media Sosial, Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk, Pengmbangan Usaha Mikro

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193012 ELOK ROSALINA
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:36
Last Modified: 06 Nov 2023 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41756

Actions (login required)

View Item View Item