Fuadiyah, Anis Satul (2014) Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas V MIN Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
awal anis.docx Download (127kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (137kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
daftar rujukan.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Peristiwa Fathu Makkah, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah siswa-siswi banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Madrasah Ibtidaiyah siswa-siswi selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional dimana dengan strategi tersebut siswa tidak berkembang, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode belajar yang tepat dan efektif. Metode bermain peran sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI materi Peristiwa Fathu Makkah. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana penerapan metode bermain peran pada Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung? 2) Apakah dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran SKI di MIN Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan metode bermain peran pada SKI siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan metode bermain peran pada mata pelajaran SKI siswa kelas V di MIN Rejotangan Tulungagung. Manfaat hasil penelitian ini bagi MIN Rejotangan Tulungagung: dapat digunakan sebagai masukan bagi sekolah untuk menggunakan pendekatan salah satu metode belajar yang bermakna bagi siswa. Bagi guru: sebagai bahan masukan untuk memperoleh metode belajar yang bermakna bagi siswa serta sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk menggunakan metode Bermain Peran, khususnya pada pembelajaran tentang peristiwa Fathu Makkah. Bagi siswa: dapat menumbuhkan kebermaknaan pengajaran Fathu Makkah, dapat meningkatkan hasil belajar tentang Fathu Makkah dan mata pelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V pada materi peristiwa Fathu Makkah. Prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu, hasil belajar siswa siklus I (27,27%), siklus II (95,45%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 03:59 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/438 |
Actions (login required)
View Item |