PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY JENANG BERKAH

MUHAMMAD KHOIRUS SHOBIRIN, 12405193317 (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY JENANG BERKAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Home Industry Jenang Berkah (Studi Pada Home Industry Jenang Berkah Desa Gebang Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Khoirus Shobirin, NIM. 12405193317, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Galih Pradananta, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan strategi pemasaran marketing mix yang digunakan oleh Usaha Jenang Berkah serta hasil dari penerapannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektivitas penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Home Industry Jenang Berkah? 2)Apa saja hambatan dalam penerapan strategi pemasaran terkait meningkatkan volume penjualan pada Home Industry Jenang Berkah? 3)Apa saja solusi untuk Home Industry Jenang Berkah dalam menghadapi kendala pada penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data yang telah diperoleh dari Usaha Jenang Berkah selanjutnya akan dideskripsikan secara terperinci dan sesuai keadaan yang terjadi di lapangan, untuk kemudian dibandingkan dengan teori yang sudah ada. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode milles and hubberman, sedangkan pengecekan keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan Strategi Pemasaran pada usaha Jenang Berkah dengan menerapkan Marketing mix 4P dalam menjalankan usahanya. Keempat unsur strategi pemasaran yaitu 4P (produk, harga, tempat, promosi). Pertama, produk yang pemilihan bahan bakunya berkualitas dan packaging simpel dan menarik. Pada produk jenang juga bervariasi dalam bentuk dan variannya yang cocok untuk pesta atau hantaran pernikahan. Kedua, harga penetapan harga pada usaha Jenang Berkah ini bisa dikatakan harga yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Terdapat juga potongan harga di hari-hari tertentu guna menarik minat konsumen. Ketiga, tempat yang digunakan dalam usaha sangat potensial, pemilihan tempat yang strategis untuk memudahkan akses konsumen dan pendistribusian produk. Kelima, promosi menggunakan media social cukup berpengaruh signifikan dalam penjualan produk karena jangkauannya jauh dan semua orang bisa mengakses. 2) Hasil penerapan strategi pemasaran marketing mix pada usaha Jenang Berkah terbukti bisa mempengaruhi penjualan produk. 3) Dalam penerapan strategi pemasaran terdapat beberapa hambatan seperti produk yang tidak bisa tahan lama dan kurangnya memanfaatkan media social dalam promosi. Dan solusi yang diambil yaitu dengan memperbaiki aspek tersebut dengan lebih cermat dalam pengelolaan stok produk dan lebih mencari ide-ide terbaru dan menarik dalam promosi lewat media social. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Strategi Pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Laba
Media Sosial
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Toko Online
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193317 MUHAMMAD KHOIRUS SHOBIRIN
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:51
Last Modified: 29 Apr 2024 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45386

Actions (login required)

View Item View Item