MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN MADRASAH BERBASIS DIVERSIFIKASI PROGRAM PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA (Studi Multisitus di MTsN 6 Kabupaten Malang dan MTsN 1 Kota Malang)

SAADATUL ATHIYAH, 12501185031 (2022) MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN MADRASAH BERBASIS DIVERSIFIKASI PROGRAM PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA (Studi Multisitus di MTsN 6 Kabupaten Malang dan MTsN 1 Kota Malang). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sa’adatul Athiyah, 12501185031. Manajemen Strategi Pemasaran Madrasah Berbasis Diversifikasi Program Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga (Studi Multisitus di MTsN 6 Kabupaten Malang dan MTsN 1 Kota Malang). Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN SATU Tulungagung. Promotor I: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Promotor II: Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pemasaran, diversifikasi program pendidikan, daya saing, Penelitian kulaitatif dalam disertasi ini dilatar belakangi oleh fenomena strategi madrasah dalam meningkatkan daya saing untuk memenangkan hati pelanggan melalui pengembangan program-program pendidikan. Kunggulan dan keragaman pendidikan diyakini mampu menjadi wadah sekaligus daya tarik bagi sebesar-besarnya pelanggan pendidikan yang berkualitas. Dengan focus penelitian tentang formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi pemasaran madrasah berbasis diversifikasi program pendidikan dalam meningkatkan daya saing di MTsN 6 Kabupaten Malang dan MTsN 1 Kota Malang. Hasil penelitian ini adalah; 1) Formulasi strategi pemasaran madrasah berbasis diversifikasi program pendidikan dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Negeri menggunakan pendekatan; a) internaslisasi visi, misi dan tujuan madrasah; b) assessment internal dan eksternal berbasis pendidik, peserta didik, orang tua dan potensi local dimana seluruh unsur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman diperlakukan sebagai potensi/kekuatan berdaya saing; c) penyatuan persepsi diversifikasi sebagai optimalisasi dan pertumbuhan ; 2) Implementasi strategi pemasaran madrasah berbasis diversifikasi program pendidikan dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Negeri dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu a) penetapan program berikut prinsip-prinsip dan model program yang akan dikembangkan; b) penentuan struktur penanggung jawab program berdasar kompetensi; c) penentuan prosedur pelaksanaan dan pertanggung jawaban program (SOP); d) penentuan anggaran program; 3) Evaluasi strategi pemasaran madrasah berbasis diversifikasi program pendidikan dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Negeri dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu; a) pendekatan pelaku kegiatan evaluasi; b) pendekatan obyek evaluasi; c) pendekatan materi. Hasil penelitian ini memperkuat teori; a) aktifitas manajemen strategic Fred David, Wheelen & Hunger dan Sagala; b) memenangkan persaingan melalui kreatififtas Mulyasana, Suprayoga, dan Hubeis; c) pendekatan diversifikasi Nijmen, Tjiptono dan Peter, Kroll & Parnel dengan catatan tawaran pendekatan kolaboratif sebagai bagian dari pendekatan. Hasil penelitian ini menolak sebagian teori perlakuan analisis SWOT Wheelen & Hunger, dan teori motif diversifikasi Nijmen.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Ekonomi > Pemasaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185031 SAADATUL ATHIYAH
Date Deposited: 07 Oct 2024 05:36
Last Modified: 07 Oct 2024 05:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46191

Actions (login required)

View Item View Item