PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PRODUCT INVOLVEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN PADA APLIKASI SOCIOLLA DENGAN HALAL PRODUCT AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

NAHDIYA ASNA, 1880508220007 (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PRODUCT INVOLVEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN PADA APLIKASI SOCIOLLA DENGAN HALAL PRODUCT AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Product Involvement terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan pada Aplikasi Sociolla dengan Halal Product Awareness sebagai Variabel Moderating” ditulis oleh Nahdiya Asna, NIM. 1880508220007, Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si dan Dr. Muhammad Aswad, M.A. Meningkatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir mendorong masyarakat untuk berbelanja secara online, salah satunya karena banyaknya kemudahan ditawarkan oleh e-commerce. Namun hal ini juga dapat menimbulkan beberapa risiko, seperti kurangnya informasi yang disajikan serta tidak dapat melihat produk secara langsung mengakibatkan produk yang dibeli tidak sesuai harapan. Sehingga guna meminimalisir risiko tersebut, diperlukan pengetahuan yang cukup, kesadaran tinggi akan halal dan usaha yang lebih kompleks dalam proses pemilihan produk yang aman dan sesuai dengan kebutuhan maupun syariat Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian, (2) menguji pengaruh product involvement terhadap keputusan pembelian, (3) menguji pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian dengan halal product awareness sebagai variabel moderating, (4) menguji pengaruh product involvement terhadap keputusan pembelian dengan halal product awareness sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna aplikasi Sociolla yang berjumlah 170 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda dan uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Product involvement berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Halal product awareness tidak signifikan memoderasi pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian, (4) Halal product awareness tidak signifikan memoderasi pengaruh product involvement terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mempunyai implikasi agar halal awareness menjadi perhatian untuk ditingkatkan guna mendorong keputusan pembelian produk kecantikan halal. Kata Kunci : Kesadaran Halal, Keterlibatan, Keputusan Pembelian, Pengetahuan

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > E-Commerce
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1880508220007 NAHDIYA ASNA
Date Deposited: 27 May 2024 04:31
Last Modified: 27 May 2024 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46214

Actions (login required)

View Item View Item