EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS TOKO BUNGA FLOWEN FLORIST TULUNGAGUNG)

ERLIANI AYU SETYANING SUCI, 126402202096 (2024) EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS TOKO BUNGA FLOWEN FLORIST TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Toko Bunga Flowen Florist Tulungagung)” ini ditulis oleh Erliani Ayu Setyaning Suci, NIM. 126402202096, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana promosi di kalangan pelaku bisnis era digital. Dalam dunia bisnis digital, media sosial telah menjadi platform yang sangat populer dan efektif digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan serta berinteraksi dengan konsumen. Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi ini juga dilakukan oleh usaha toko bunga. Meskipun efektif untuk digunakan sebagai sarana promosi, ada kalanya penggunaan media sosial belum mampu membidik konsumen secara tepat sasaran sehingga promosi yang dilakukan tidak tersampaikan kepada konsumen yang menjadi target promosi. Hal ini menyebabkan promosi yang dilakukan kurang efektif untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu mencapai volume penjualan. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana efektivitas promosi melalui Instagram dalam meningkatkan volume penjualan pada toko bunga Flowen Florist Tulungagung? 2) Bagaimana efektivitas promosi melalui WhatsApp dalam meningkatkan volume penjualan pada toko bunga Flowen Florist Tulungagung? 3) Bagaimana efektivitas promosi melalui Facebook dalam meningkatkan volume penjualan pada toko bunga Flowen Florist Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi yang kemudian dilakukan pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Efektivitas promosi melalui Instagram dalam meningkatkan volume penjualan pada toko bunga Flowen Florist dapat dikatakan sangat efektif yang dibuktikan dengan volume penjualan pada tahun 2023 melalui Instagram sebanyak 5.742 buket. 2) Efektivitas promosi melalui WhatsApp dalam meningkatkan volume penjualan pada toko bunga Flowen Florist dapat dikatakan cukup efektif yang dibuktikan dengan volume penjualan pada tahun 2023 melalui WhatsApp sebanyak 3.053 buket. 3) Efektivitas promosi melalui Facebook dalam meningkatkan volume penjualan pada toko bunga Flowen Florist dapat dikatakan kurang efektif yang dibuktikan dengan volume penjualan pada tahun 2023 melalui Facebook sebanyak 42 buket. Kata kunci: Efektivitas, Promosi, Media Sosial, Volume Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202096 ERLIANI AYU SETYANING SUCI
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:07
Last Modified: 06 Jun 2024 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46713

Actions (login required)

View Item View Item