PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2015/2016

Susi Andriani, 2814123147 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (856kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Aswaja Tunggangri” ini ditulis oleh Susi Andriani, NIM. 2814123147, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si Kata Kunci : Number Heads Together, Portofolio, Hasil Belajar Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi siswa di sekolah. Hal ini berdampak buruk bagi prestasi/hasil belajar siswa. Adanya bukti hasil evaluasi pelajaran matematika tiap semester maupun ujian akhir masih sering di bawah standar mata pelajaran lain. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini adalah bagaimana agar siswa mampu berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya untuk bisa memahami, mengerti, mengamati, merencanakan, melaksanakan, mengkomunikasikan hasil dan lain sebagainya. Hal itu perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengajarnya yaitu melalui model yang digunakan dalam proses pembelajarannya yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu guru dapat menerapkan model pembelajaran di kelas, salah satunya adalah model Number Heads Together (NHT) berbasis Portofolio. Model pembelajaran ini membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan dan proses belajar menjadi lebih efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri pada materi Himpunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri yang berjumlah 90 siswa. Dalam pengambilan sampel diambil teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan, yaitu kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Sampel berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan data dengan metode observasI, tes, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis Portofolio terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII MTs.Aswaja Tunggangri semester genap tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,763 pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123147 Susi Andriani
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:14
Last Modified: 13 Feb 2017 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item