MOCHAMAD NUR ALAMSYAH, 12950121026 (2024) STRATEGI PEMASARAN MUTU MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN. [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Disertasi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi Disertasi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 Disertasi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
BAB 2 Disertasi .pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
BAB 3 Disertasi .pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB 4 Disertasi .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5 Disertasi .pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
BAB 6 Disertasi .pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
|
Text
Daftar Rujukan Disertasi .pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Disertasi dengan judul “Strategi Pemasaran Mutu Madrasah Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Pendidikan (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri)” ini ditulis oleh Mochamad Nur Alamsyah dengan Promotor Prof. Dr. H. Prim Masrokan M., M.Pd dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Mutu Madrasah, Minat Pelanggan Pendidikan. Disertasi ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti mengenai kondisi pemasaran madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri dan perannya dalam upaya meningkatan minat pelanggan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana branding madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri ? (2) Bagaimana differentiation madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan ? (3) Bagaimana positioning madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan ? (4) Bagaimana direct marketing madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan ? Disertasi ini bertujuan untuk menemukan dan mendiskripsikan strategi pemasaran mutu madrasah yang berupa branding, differentiation, positioning, dan direct marketing dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri, dimana peneliti melakukan penelitian secara kualitatif dan merupakan jenis penelitian dengan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif, (3) dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan dua cara yaitu analisis situs tunggal dengan langkah data collection, data condensation, data display dan drawing conclusion kemudian dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Strategi pemasaran mutu madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan : a) branding, menampilkan karakter dasar madrasah berupa motto dan slogan; b) differentiation, membuat madrasah yang punya layanan khusus; c) positioning, melakukan pola penerimaan peserta didik baru lebih awal dan berbagai jenjang skema penerimaan siswa; d) direct marketing, pemasaran langsung melalui website sekolah, promosi keberhasilan madrasah baik prestasi lomba berbagai tingkatan dan keterterimaan di perguruan tinggi serta seleksi siswa siswi berprestasi melalui program gelegar prestasi siswa, dan e) selected door to door, turun langsung untuk mencari dan merekrut siswa berprestasi.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12950121026 MOCHAMAD NUR ALAMSYAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 05:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 05:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48024 |
Actions (login required)
View Item |