STRATEGI PEMASARAN MUTU MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN

MOCHAMAD NUR ALAMSYAH, 12950121026 (2024) STRATEGI PEMASARAN MUTU MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN. [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
Abstrak Disertasi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Isi Disertasi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1 Disertasi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2 Disertasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB 3 Disertasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB 4 Disertasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 Disertasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 6 Disertasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Daftar Rujukan Disertasi .pdf

Download (112kB)

Abstract

Disertasi dengan judul “Strategi Pemasaran Mutu Madrasah Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Pendidikan (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri)” ini ditulis oleh Mochamad Nur Alamsyah dengan Promotor Prof. Dr. H. Prim Masrokan M., M.Pd dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Mutu Madrasah, Minat Pelanggan Pendidikan. Disertasi ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti mengenai kondisi pemasaran madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri dan perannya dalam upaya meningkatan minat pelanggan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana branding madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri ? (2) Bagaimana differentiation madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan ? (3) Bagaimana positioning madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan ? (4) Bagaimana direct marketing madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan ? Disertasi ini bertujuan untuk menemukan dan mendiskripsikan strategi pemasaran mutu madrasah yang berupa branding, differentiation, positioning, dan direct marketing dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri, dimana peneliti melakukan penelitian secara kualitatif dan merupakan jenis penelitian dengan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif, (3) dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan dua cara yaitu analisis situs tunggal dengan langkah data collection, data condensation, data display dan drawing conclusion kemudian dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Strategi pemasaran mutu madrasah dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan : a) branding, menampilkan karakter dasar madrasah berupa motto dan slogan; b) differentiation, membuat madrasah yang punya layanan khusus; c) positioning, melakukan pola penerimaan peserta didik baru lebih awal dan berbagai jenjang skema penerimaan siswa; d) direct marketing, pemasaran langsung melalui website sekolah, promosi keberhasilan madrasah baik prestasi lomba berbagai tingkatan dan keterterimaan di perguruan tinggi serta seleksi siswa siswi berprestasi melalui program gelegar prestasi siswa, dan e) selected door to door, turun langsung untuk mencari dan merekrut siswa berprestasi.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12950121026 MOCHAMAD NUR ALAMSYAH
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:26
Last Modified: 29 Jul 2024 05:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48024

Actions (login required)

View Item View Item