PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG

AGHITSNA NAUFINA MAWADDAH, 126211201003 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (990kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung” ditulis oleh Aghitsna Naufina Mawaddah, NIM 126211201003. Program Studi Tadris Fisika, Dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL) , Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Cahaya Dan Alat Optik Pembelajaran konvensional membuat siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran membuat kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang. Siswa yang cenderung pasif selama pembelajaran dapat berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII MTsN 6 Tulungagung (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII MTsN 6 Tulungagung (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalens control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung yang berjumlah 311 orang dengan sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Teknik analisis uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji T dan uji manova Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji hipotesis kedua ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201003 AGHITSNA NAUFINA MAWADDAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:50
Last Modified: 11 Jul 2024 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48542

Actions (login required)

View Item View Item