PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

UMI NUR CHOFIFAH, 126209201008 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTsN 7 Tulungagung” disusun oleh Umi Nur Chofifah, NIM. 126209201008, pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci : Model CTL Berbantuan Video Animasi Powtoon. Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang masih dibawah kriteria ketuntasan atau KKM. Pembelajaran dengan model konvensional membuat siswa tidak terlibat secara aktif dalam belajar dan mudah bosan. Salah satu cara tepat yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan bantuan video animasi Powtoon dikarenakan dengan model pembelajaran ini siswa akan dilatih untuk membuat hubungan antara materi yang dipelajari dengan kehiduan sehari-hari, saling bekerja sama, saling berbagi pengetahuan dan pemahaman mereka. Selain itu, dengan bantuan video animasi powtoon, siswa akan mudah memahami pembelajaran dan tidak merasa bosan. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini yaitu, (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan video animasi berbantuan video animasi powtoon terhadap hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi permintaan dan penawaran kelas VII MTsN 7 Tulungagung. (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan video animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS materi permintaan dan penawaran kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian metode eksperimen. Metode ekperimen yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent group. Desain ini melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dipilih tidak random. Kelas kontrol diawali diberikan pretest dan posttest dengan model konvensional, sedangkan kelas eksperimen diberikan pretest dan posttest dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan bantuan video animasi Powtoon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi permintaan dan penawaran kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. hal tersebut dibuktikan dengan t hitung ≥ t tabel atau 5,773 ≥ 1,666 dan Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 pada taraf signifikasi 5 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima (2) Berdasarkan uji effect size diperoleh besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan video animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi permintaan dan penawaran kelas VII di MTsN 7 Tulungagung berada dalam kategori tinggi yaitu 1,35 dengan presentase 90 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201008 UMI NUR CHOFIFAH
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:55
Last Modified: 24 Jul 2024 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49091

Actions (login required)

View Item View Item