INSANU CAHYO ROMADHONI, 126202203074 (2024) استخدام"الطريقة الإملاء الإختباري" في ترقيّة مهارة الكتابة باللّغة العربية لدى الطلّاب الصف التّاسع في المدرسة المتوسّطة دار الفلاح سومبرجمبول تولونج أجونج الدراسي ٢٠٢۳/٢٠٢٤ م. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (752kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Penerapan Metode Imla' Ikhtibari dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Kitabah pada Siswa Kelas IX di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024" ini ditulis oleh Insanu Cahyo Romadhoni, NIM 126202203074, jurusan Pendidikan Bahasa arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN Tulungagung), yang dibimbing oleh: Dr. M. Afthon Ulin Nuha, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Imla' Ikhtibariy.Sebagai bahasa asing, bahasa ini mempunyai ciri khas dibandingkan dengan bahasa-bahasa lain di dunia. Selain adanya kesamaan secara umum, setiap bahasa mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lain di dunia. Bahasa Arab dengan ciri-cirinya yang beragam juga merupakan salah satu bahasa yang menjamah dunia Selain menjadi bahasa media ajaran Islam, bahasa Arab juga mempunyai peran yang efektif dalam meningkatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sekolah Darul Falah, dasar pendidikan siswanya adalah bahasa Arab, atau menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara melalui media buku bahasa Arab, buku catatan, papan tulis, dan lain-lain. Hal-hal inilah yang menjadi faktor pendukung dalam pengajaran bahasa Arab dengan metode imla' ikhtibari.Rumusan Masalah: 1) Bagaimana proses penggunaan metode imla' untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IX MTs Darul Falah Sumbergempol? 2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dalam penggunaan metode imla' ikhtibari' Bahasa Arab Siswa Kelas IX MTs Darul Falah Sumbergempol? 3) Apa saja faktor kendala dan solusinya dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla' ikhtibari untuk siswa kelas IX MTs Darul Falah Sumbergempol?Metodologi Penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.Hasil Penelitian: 1.) Proses penerapan ini terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2.) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran imla'iktibari antara lain ; Bahasa Arab telah dikenal oleh peserta didik, Sejak kecil, para siswa telah mengenal huruf Hijaiyyah, Para pelajar sudah mengenal budaya Arab dan latar belakangnya3.) Faktor kendala dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode imla' ikhtibari antara lain: faktor linguistik dan non-linguistik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 126202203074 INSANU CAHYO ROMADHONI |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:43 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50932 |
Actions (login required)
View Item |