PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGELOLAAN UANG SAKU, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE

ASMAUL FADHILAH, 126406203271 (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGELOLAAN UANG SAKU, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengelolaan Uang Saku, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif dengan Kontrol Diri sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee” yang ditulis oleh Asmaul Fadhilah, NIM. 126406203271, Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Latar belakang penelitian ini sesuai dengan hasil dari pra observasi yang dilakukan peneliti bahwa terdapat beberapa mahasiswa yang belum mampu mengelola keuangan pribadinya sehingga terjadi perilaku konsumtif. Sebagian mahasiswa masih melakukan pengeluaran melebihi uang saku yang diterima dari orang tuanya dalam jangka waktu satu bulan. Ketika mahasiswa kurang pemahaman mengenai keuangan, pengelolaan uang saku dan tidak dapat mengontrol diri serta mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar saat berbelanja online akan menimbulkan perilaku konsumtif. Sesuai dengan beberapa penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa sangat tinggi sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai perilaku konsumtif mahasiswa dengan objek yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan jumlah sampel 112 responden, yaitu mahasiswa pengguna aplikasi Shopee di UIN SATU Tulungagung. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu Skala likert melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa variabel (1) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (2) Pengelolaan uang saku berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (3) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (4) Kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (5) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kontrol diri terkait perilaku konsumtif (6) Pengelolaan uang saku berpengaruh positif dan signifikan terhadap kontrol diri terkait perilaku konsumtif (7) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap kontrol diri terkait perilaku konsumtif (8) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui kontrol diri (9) Pengelolaan uang saku tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui kontrol diri (10) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui kontrol diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > E-Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406203271 ASMAUL FADHILAH
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:44
Last Modified: 27 Aug 2024 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51734

Actions (login required)

View Item View Item