LUTHFI ULFA NI’AMAH, 198610152015032004 (2024) DAI’S CREDIBILITY IN THE DIGITAL SPACE: STUDI PADA DIGITALISASI DAKWAH DI ERA DISRUPSI. [ Disertasi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (549kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (30MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (572kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Luthfi Ulfa Ni'amah, 12503175012, 2024. Disertasi dengan judul "Da'is Credibility in The Digital Space; Studi pada Digitalisasi Dakwah di Era Disrupsi." Program Studi Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahyak, M.Ag. dan Prof. Dr. Kojin, M.Ag. Kata Kunci: Dakwah, Digital, Kredibilitas Media digital telah menciptakan digital-sphere tanpa batas ruang dan waktu. Perkembangan media sosial, salah satunya media YouTube, membawa suasana baru dalam dakwah Islam dan membuka ruang penelitian tersendiri. Kemudahan penggunaan dan akses internet menghadirkan dai baru yang cenderung masif. Fokus penelitian disertasi ini terdiri dari tiga aspek, yaitu bagaimana kecenderungan konten dakwah pada media YouTube, bagaimana interaktivitas mad'u pada konten dakwah di media YouTube, dan bagaimana kredibilitas dai pada konten dakwah di media YouTube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis terhadap konten dakwah di media YouTube melalui pencarian konten dakwah menggunakan kata kunci "dakwah". Selanjutnya, dengan teori Murray Edelman, peneliti melakukan analisis pada beberapa akun media YouTube yang mengunggah konten dakwah. Selanjutnya, penulis menganalisis kecenderungan konten dakwah di media YouTube dan interaktivitas mad'u pada konten dakwah di media YouTube dan kredibilitas dai pada konten dakwah di media YouTube. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kecenderungan konten dakwah yang paling diminati mad'u secara berurutan adalah konten akhlak, syariah dan akidah. Preferensi mad'u dalam hal ini menunjukan bahwa tema yang bersifat advice, motivasi, pesan moral, pesan kebajikan cenderung lebih diminati. Kecerdasan authoritativeness telah digunakan oleh para dai dalam menyesuaikan kapasitas mad'u dalam menangkap konten dakwah, (2) interaktivitas mad'u dan dai pada konten dakwah di media YouTube direpresentasikan melalui comment, like, dan subscribe. Karakter (trushworthiness), kualitas karakter, dan citra positif dai menjadi alasan bagi mad'u untuk memberikan kesan positif pada da'i. Dalam hal ini telah terjadi pergeseran apresiasi, dari yang bersifat konvensional menuju digital, (3) kredibilitas dai pada era digitalisasi dakwah direpresentasikan melalui kredibilitas personal, kredibilitas substansi konten, dan kredibilitas akun. Dari ketiga kesimpulan di atas dapat dirumuskan proposisi teori Da'is Credibility in The Digital Space. Kredibilitas dai pada ruang digital baik pada media YouTube, Tiktok mapun Instagram dapat diukur melalui 3 standar kredibilitas, yakni kredibilitas personal, kredibilitas konten dan kredibilitas akun.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Media Sosial Penyiaran Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Studi Islam Interdisipliner |
Depositing User: | Mrs. 198610152015032004 LUTHFI ULFA NI'AMAH, M.KOM.I |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 08:01 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54735 |
Actions (login required)
View Item |