PERAN GURU DALAM MENGATASI ANAK YANG PEMALU DI TK DHARMA WANITA II JEPUN TULUNGAGUNG

HALIMATUS SA'DIYAH, 126206203089 (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI ANAK YANG PEMALU DI TK DHARMA WANITA II JEPUN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (540kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Peran Guru dalam Mengatasi Anak yang Pemalu di TK Dharma Wanita II Jepun Tulungagung” ini ditulis oleh Halimatus Sa’diyah, NIM 126206203089, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Peran Guru, Anak Pemalu, TK Dharma Wanita II Jepun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak yang menunjukkan sifat pemalu ketika mengikuti pembelajaran di sekolah. Sifat pemalu ini menghambat partisipasi aktif mereka dalam kegiatan belajar mengajar dan interaksi sosial dengan teman teman sekelas. Guru memiliki peran penting dalam membantu siswa ini untuk mengatasi rasa malu dan mengembangkan kepercayaan diri serta kemampuan sosial. melalui berbagai strategi, monitoring dan evaluasi pembelajaran dan pendekatan personal, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan mendorong siswa untuk lebih berani dan percaya diri. Guru di Tk Dharma Wanita II Jepun mampu mengatasi karakteristik pemalu pada anak. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam mengatasi anak yang pemalu di TK Dharma Wanita II Jepun Tulungagung. Fokus peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk anak pemalu? (2) Bagaimana strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu mengatasi rasa malu pada anak? (3) Bagaimana monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui perkembangan anak yang pemalu dikelas Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk anak pemalu. (2) untuk mendeskripsikan strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu mengatasi rasa malu pada anak. (3) untuk mendeskripsikan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui perkembangan anak yang pemalu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisi data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini yaitu: (1) peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk anak pemalu yaitu mejadi pembimbing, motivator, teladan, dapat memberikan dukungan yang baik, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menciptakan kegiatan, mengatur pembelajaran. (2) strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu mengatasi rasa malu pada anak yaitu memperkenalkan konsep pembelajaran, mengorganisir kegiatan, menyesuaikan metode pengajaran, mendorong siswa menjadi lebih aktif, melibatkan orang tua. (3) monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui perkembangan anak yang pemalu dikelas yaitu mengevaluasi kegiatan yang baru, mendapatkan data pembelajaran siswa, mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa, menggunakan proses monitoring untuk pelaksanaan pembelajaran, menggunakan catatan anekdot, ceklis, RPPH untuk pembelajaran yang efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: MAHASISWA 126206203089 HALIMATUS SA'DIYAH
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:23
Last Modified: 14 Nov 2024 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54833

Actions (login required)

View Item View Item