ZAKYA AMALINA, 2814133211 (2017) IDENTIFIKASI KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED KELAS VII DI SMPN 1 NGANTRU KAB. TULUNGAGUNG TAHUN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (618kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (631kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (73kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (981kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (53kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (26kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (26kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended Kelas VII SMPN 1 Ngantru Kab. Tulungagung Tahun 2016/2017” ini ditulis oleh Zakya Amalina, NIM. 2814133211, pembimbing Bapak Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pendekatan Open-Ended. Komunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam dunia pendidikan terutama pada pendidikan matematika, melalui kegiatan komunikasi diharapkan peserta didik mampu bertukar pengetahuan dan sekaligus mengklarifikasi pemahaman yang mereka peroleh dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi ketika pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung diam jika tidak memahami suatu persoalan dalam pembelajaran, terlebih lagi guru hanya memberikan soal-soal yang sifatnya tertutup (closed). Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana komunikasi matematis peserta didik adalah menggunakan pendekatan open-ended. Pendekatan open-ended merupakan pembelajaran dengan memberikan cara dan solusi yang berbeda-beda tetapi bernilai benar. Sehingga diharapkan peserta didik mampu mengekspresikan ide-ide matematikanya baik secara tertulis maupun secara lisan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Identifikasi komunikasi matematis peserta didik laki-laki pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended di SMPN 1 Ngantru, dan (2) Identifikasi komunikasi matematis peserta didik perempuan pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended di SMPN 1 Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diambil yaitu kelas VII-H, dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan pada pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended di kelas VII-H SMPN 1 Ngantru mampu memenuhi indikator dalam kemampuan mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan, tertulis, dan mendemonstrasikan serta menggambarkan secara visual. Kemudian peserta didik laki-laki dan perempuan kurang memenuhi indikator kemampuan memahami, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya, peserta didik laki-laki dan perempuan belum mampu menginterpretasikan ide-ide matematikanya tetapi mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika. Peserta didik laki-laki belum mampu memenuhi indikator kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan strukturnya untuk menyajikan ide, tetapi mampu menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi dalam menyelesaikan soal. Sedangkan peserta didik perempuan memiliki kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan strukturnya untuk menyajikan ide, mampu menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi dalam menyelesaikan soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133211 ZAKYA AMALINA |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 03:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5526 |
Actions (login required)
View Item |