PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG

WAHYU IRAWATI, 126205211077 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyu Irawati, NIM. 126205211077, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Model PBL, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa proses pembelajaran fikih yang dilakukan di kelas masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) yang mana hal tersebut membuat peserta didik pasif dalam proses pembelajaran. Dari hal tersebut, peserta didik kurang mampu memahami materi yang disampaikan, kurang mampu berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin membuktikan ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas V di MIN 7 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui adanya pengaruh signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung, (2) Mengetahui adanya pengaruh signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung, (3) Mengetahui adanya pengaruh signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-experimental design. Metode penelitian Quasi-experimental design ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini terdapat pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan diberikan post-test setelah perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisa data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar (<0,001) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, (2)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar (<0,001) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211077 WAHYU IRAWATI
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:33
Last Modified: 12 Jun 2025 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58052

Actions (login required)

View Item View Item