WAHYU IRAWATI, 126205211077 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyu Irawati, NIM. 126205211077, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Model PBL, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa proses pembelajaran fikih yang dilakukan di kelas masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) yang mana hal tersebut membuat peserta didik pasif dalam proses pembelajaran. Dari hal tersebut, peserta didik kurang mampu memahami materi yang disampaikan, kurang mampu berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin membuktikan ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas V di MIN 7 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui adanya pengaruh signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung, (2) Mengetahui adanya pengaruh signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung, (3) Mengetahui adanya pengaruh signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas V di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-experimental design. Metode penelitian Quasi-experimental design ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini terdapat pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan diberikan post-test setelah perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisa data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar (<0,001) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, (2)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar (<0,001) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211077 WAHYU IRAWATI |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:33 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |