MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN 2024/2025

FARA AZURA, 126207213117 (2025) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN 2024/2025. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa di MAN 3 Tulungagung Tahun 2024/2025” ini ditulis oleh Fara Azura, NIM. 126207213117, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Reinforcement (Penguatan), Kedisiplinan Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi peran penting manajemen kesiswaan dalam mendukung tercapainya tujuan Pendidikan. Pendidikan yang bermutu dan berkualitas tidak terlepas dari penerapan manajemen yang baik, salah satunya melalui manajemen. Disiplin siswa merupakan bagian inti dari proses pendidikan dan pembelajaran dalam membentuk karakter, meningkatkan prestasi, dan menumbuhkan sikap tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung Tahun 2024/2025 melalui pendekatan reinforcement (penguatan). Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana program penguatan (Reinforcement) dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung?; 2) Bagaimana cara penguatan (Reinforcement) program dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung?; 3) Bagaimana pengendalian program penguatan (Reinforcement) dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, waka kesiswaan, tim ketertiban sekolah, dan guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi gabungan (Sumber, Teknik, Waktu), Ketekunan pengamatan, dan Peer reviewing (diskusi teman sejawat). Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Program reinforcement di MAN 3 Tulungagung dilaksanakan secara terstruktur dan menyeluruh, melibatkan seluruh elemen madrasah seperti kepala madrasah, waka kesiswaan, guru, tim ketertiban, dan siswa. Penguatan positif dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti shalat berjama’ah (dhuha dan dzuhur), tadarus, tahfidz Al-Qur’an, berjabat tangan dengan guru, serta kegiatan khusus seperti Pondok Ramadhan; 2) Cara pelaksanaan reinforcement mencakup penguatan verbal melalui ceramah dan motivasi, serta penguatan non-verbal seperti keteladanan guru dan interaksi fisik positif; 3) Pengendalian program dilakukan melalui pengawasan langsung kepala madrasah, waka kesiswaan dan tim ketertiban, serta evaluasi rutin yang melibatkan orang tua siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207213117 FARA AZURA
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:34
Last Modified: 02 Jul 2025 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58861

Actions (login required)

View Item View Item