FARA AZURA, 126207213117 (2025) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN 2024/2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (814kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa di MAN 3 Tulungagung Tahun 2024/2025” ini ditulis oleh Fara Azura, NIM. 126207213117, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Reinforcement (Penguatan), Kedisiplinan Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi peran penting manajemen kesiswaan dalam mendukung tercapainya tujuan Pendidikan. Pendidikan yang bermutu dan berkualitas tidak terlepas dari penerapan manajemen yang baik, salah satunya melalui manajemen. Disiplin siswa merupakan bagian inti dari proses pendidikan dan pembelajaran dalam membentuk karakter, meningkatkan prestasi, dan menumbuhkan sikap tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung Tahun 2024/2025 melalui pendekatan reinforcement (penguatan). Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana program penguatan (Reinforcement) dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung?; 2) Bagaimana cara penguatan (Reinforcement) program dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung?; 3) Bagaimana pengendalian program penguatan (Reinforcement) dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, waka kesiswaan, tim ketertiban sekolah, dan guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi gabungan (Sumber, Teknik, Waktu), Ketekunan pengamatan, dan Peer reviewing (diskusi teman sejawat). Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Program reinforcement di MAN 3 Tulungagung dilaksanakan secara terstruktur dan menyeluruh, melibatkan seluruh elemen madrasah seperti kepala madrasah, waka kesiswaan, guru, tim ketertiban, dan siswa. Penguatan positif dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti shalat berjama’ah (dhuha dan dzuhur), tadarus, tahfidz Al-Qur’an, berjabat tangan dengan guru, serta kegiatan khusus seperti Pondok Ramadhan; 2) Cara pelaksanaan reinforcement mencakup penguatan verbal melalui ceramah dan motivasi, serta penguatan non-verbal seperti keteladanan guru dan interaksi fisik positif; 3) Pengendalian program dilakukan melalui pengawasan langsung kepala madrasah, waka kesiswaan dan tim ketertiban, serta evaluasi rutin yang melibatkan orang tua siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213117 FARA AZURA |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |