PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

NURIS LAILIYA MUFADILAH, 126212211023 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Global Creativity Index (GCI) tahun 2023, menempatkan indonesia berada pada urutan ke 61 (nilai 30,3) dari 152 negara yang masuk dalam laporan GCI 2023. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif di Indonesia masih tergolong rendah. Selain itu, hasil belajar siswa di Indonesia juga tergolong rendah, khususnya pada materi hidrolisis garam. Hal ini disebabkan karena materi hidrolisis garam merupakan materi bersifat abstrak hingga hanya 25% siswa yang berhasil mencapai KKM yang telah ditetapkan di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan Model project based learning (PjBL) dengan pendekatan chemo-entrepreanurship (CEP) yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan ide – ide kreatif sambil tetap mempelajari konsep – konsep dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model PjBL dengan pendekatan chemo – entrepreanurship terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. (2) untuk mengetahui pengaruh model PjBL dengan pendekatan chemo – entrepreanurship terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam. (3) untuk mengetahui pengaruh model PjBL dengan pendekatan chemo – entrepreanurship terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperiment dengan rancangan posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-C sebagai kelas eksperimen dan XI-D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yang berjumlah 15 item pertanyaan pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,802 dan lembar angket yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa yang berjumlah 20 item soal pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,775. Analisis data menggunakan uji T bebas dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh model PjBL dengan pendekatan CEP terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh model PjBL dengan pendekatan CEP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh model PjBL dengan pendekatan CEP terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211023 NURIS LAILIYA M
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:30
Last Modified: 06 Aug 2025 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59965

Actions (login required)

View Item View Item