PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG DI E-COMMERCE SHOPEE

NAHDIYATUR ROSIDAH, 126310212059 and GALUH INDAH ZATADINI, 0631109001 (2025) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG DI E-COMMERCE SHOPEE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ” Pengaruh Kemampuan Literasi Keuangan Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Barang di E-Commerce Shopee” ini ditulis oleh Nahdiyatur Rosidah, NIM 126310212059, jurusan Adab, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan dibimbing oleh Galuh Indah Zatadini, M.Eng. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Keputusan Pembelian, Shopee Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi keuangan terhadap pengambilan keputusan pembelian barang di e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, khususnya pada mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tingginya penggunaan e-commerce di kalangan mahasiswa, yang tidak diimbangi dengan pemahaman literasi keuangan yang memadai sehingga memunculkan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 338 mahasiswa, dan sampel yang digunakan sebanyak 77 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data dilakukan dengan bantuan Software SPSS melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, dan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian barang di e-commerce Shopee, yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,301 yang berarti 30,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dengan demikian, semakin tinggi kemampuan literasi keuangan mahasiswa, maka semakin baik pula keputusan pembelian yang mereka ambil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ilmu Perpustakaan
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310212059 NAHDIYATUR ROSIDAH
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:28
Last Modified: 03 Sep 2025 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61328

Actions (login required)

View Item View Item