PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) KELAS XI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR TAHUN 2016/2017

ISNA ULFA MAULIA ROHMAH, 2814133091 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) KELAS XI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR TAHUN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang diberi Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Guide Note Taking (GNT) Kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar Tahun 2016/2017” ditulis oleh Isna Ulfa Maulia Rohmah, NIM 2814133091. Dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani M.Pd Kata kunci : Direct Instruction, Guide Note Taking (GNT), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adaya hasil belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu yang rendah. Selain itu, siswa cenderung pasif dan stagnant dalam kegiatan pembelajaran. Siswa beranggapan bahwa matematika memerlukan penghafalan rumus, kesulitan mengenai cara mengerjakan soal, dan sulit memahami materi yang diajarkan. Hal tersebut mengakibatkan kurang maksimalnya proses pembelajaran. Oleh karenanya, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat meningkatkan keaktifan, pemahaman, kreatifitas dan hasil belajarnya. Salah satunya adalah model pembelajaran Guide Note Taking dan Direct Instruction. Guide Note Taking merupakan merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk membuat catatan yang sistematis pada saat guru menjelaskan materi. Pada model pembelajaran Guide Note Taking, siswa dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tetap terfokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung. Model pembelajaran Direct Instruction merupakan suatu pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari ketrampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran Direct Instruction dan Guide Note Taking (GNT) siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu. (2) untuk mengetahui besar perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran Direct Instruction dan Guide Note Taking (GNT) siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Metode pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Dokumentasi hasil penelitian berupa data-data siswa yang belum peneliti dapatkan sebelumnya. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah siple random sampling dengan sampel kelas XI IIS 5 yang berjumlah 36 siswa dan XI IIS 7 yang berjumlah 36 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji beda atau uji t. Setelah melakukan penelitian dan mengolah data, didapatkan hasil penelitian dengan nilai thitung sebesar 2,144 dan ttabel sebesar 1,757 dengan taraf signifikasi 5% maka hipotesis nol (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran Direct Instruction dan Guide Note Taking (GNT) siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu, (2) berdasarkan rumus cohen’s didapatkan besar perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran Direct Instruction dan Guide Note Taking (GNT) siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu tergolong “sedang” yakni 69%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133091 ISNA ULFA MAULIA ROHMAH
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:40
Last Modified: 09 Nov 2017 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item