STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX DAN STRATEGI PEMASARAN ISLAM PADA PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TAS ANYAMAN SANDIMILENIA DI KABUPATEN TRENGGALEK

MILSANDI LAILI FAUZIYAH, 126402211031 and AHMAD BUDIMAN, 198002252014031001 (2025) STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX DAN STRATEGI PEMASARAN ISLAM PADA PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TAS ANYAMAN SANDIMILENIA DI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (651kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Marketing Mix dan Strategi Pemasaran Islam pada Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Tas Anyaman Sandimilenia di Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Milsandi Laili Fauziyah, NIM 126402211031, dengan pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, UMKM, Tas Anyaman Sandimilenia, Teknologi Digital Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UMKM anyaman plastik di Trenggalek yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan berkontribusi pada perekonomian lokal. Namun, belum terlalu memahami pada strategi pemasarannya. Untuk menghadapi hal tersebut. jadi perlu adanya penerapan strategi pemasaran yang tepat pada bidang eknologi digital, serta strategi pemasaran berdasarkan perspektif ekonomi Islam. UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi nasional dituntut mampu bersaing melalui penerapan strategi pemasaran yang tidak hanya efektif secara bisnis tetapi juga berlandaskan nilai-nilai syariah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan strategi pemasaran marketing mix produk tas anyaman Sandimilenia di Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan strategi pemasaran menurut ekonomi Islam pada produk tas anyaman Sandimilenia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada deskriptif dengan menggunakan beberapa cara serta disajikan secara naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi marketing mix yang diterapkan UMKM meliputi pengembangan produk berbasis daur ulang (product), penetapan harga terjangkau (price), distribusi langsung dan online (place), serta promosi melalui media sosial dan partisipasi bazar (promotion), (2) strategi pemasaran Islam yang digunakan oleh produk umkm tas anyaman Sandimilenia telah menerapkan prinsip kejujuran dalam promosi, keadilan harga, menjaga amanah dalam pelayanan, dan menghindari unsur riba dan penipuan. Percampuran antara strategi marketing mix dan nilai-nilai ekonomi Islam memberikan dampak positif terhadap peningkatan loyalitas pelanggan dan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402211031 MILSANDI LAILI FAUZIYAH
Date Deposited: 19 Dec 2025 03:30
Last Modified: 19 Dec 2025 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64730

Actions (login required)

View Item View Item