RESILIENSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (Studi Kasus di SMPN 3 Tulungagung)

AHMAD MAULANA, 126306212054 and DZINNUN HADI, 199201072023211017 (2025) RESILIENSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (Studi Kasus di SMPN 3 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Resiliensi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SMPN 3 Tulungagung)”, ditulis oleh Ahmad Maulana, NIM 126306212054, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Dzinnun Hadi, S.Sos.I., M.Pd. Kata Kunci: Resiliensi, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi. Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya resiliensi atau ketahanan diri pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam menghadapi tantangan akademik, sosial, dan emosional di sekolah inklusif. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran resiliensi dan aspek-aspek yang memengaruhi resiliensi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMPN 3 Tulungagung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus mendalam, mengambil subjek siswa Anak Berkebutuhan Khusus tunadaksa kelas 9, di mana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan Analisis Tematik. Hasil Analisis Tematik mengidentifikasi 8 tema utama sebagai indikator resiliensi subjek, yaitu kontrol diri, motivasi diri, percaya diri, keterampilan belajar, saling mendukung secara sosial, eksplorasi diri, koping adaptif dan penyesuaian diri. Peneliti juga menunjukkan bahwa resiliensi siswa Anak Berkebutuhan Khusus ini dipengaruhi oleh Regulasi Diri yang efektif meliputi Koping Adaptif dan Penyesuaian Diri sehingga memunculkan Efikasi Diri, serta dukungan intensif dari orang tua dan teman sebaya dalam penerimaan sosial proaktif yang Saling Mendukung Secara Sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306212054 AHMAD MAULANA
Date Deposited: 22 Dec 2025 05:50
Last Modified: 22 Dec 2025 05:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65275

Actions (login required)

View Item View Item