AHMAD MAULANA, 126306212054 and DZINNUN HADI, 199201072023211017 (2025) RESILIENSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (Studi Kasus di SMPN 3 Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (392kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Resiliensi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SMPN 3 Tulungagung)”, ditulis oleh Ahmad Maulana, NIM 126306212054, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Dzinnun Hadi, S.Sos.I., M.Pd. Kata Kunci: Resiliensi, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi. Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya resiliensi atau ketahanan diri pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam menghadapi tantangan akademik, sosial, dan emosional di sekolah inklusif. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran resiliensi dan aspek-aspek yang memengaruhi resiliensi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMPN 3 Tulungagung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus mendalam, mengambil subjek siswa Anak Berkebutuhan Khusus tunadaksa kelas 9, di mana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan Analisis Tematik. Hasil Analisis Tematik mengidentifikasi 8 tema utama sebagai indikator resiliensi subjek, yaitu kontrol diri, motivasi diri, percaya diri, keterampilan belajar, saling mendukung secara sosial, eksplorasi diri, koping adaptif dan penyesuaian diri. Peneliti juga menunjukkan bahwa resiliensi siswa Anak Berkebutuhan Khusus ini dipengaruhi oleh Regulasi Diri yang efektif meliputi Koping Adaptif dan Penyesuaian Diri sehingga memunculkan Efikasi Diri, serta dukungan intensif dari orang tua dan teman sebaya dalam penerimaan sosial proaktif yang Saling Mendukung Secara Sosial.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
| Depositing User: | 126306212054 AHMAD MAULANA |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 05:50 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 05:50 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
