PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

JUHAN ARDI PRATAMA, 2814133097 (2018) PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Dan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Juhan Ardi Pratama, NIM 2814133097, Pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Realistic Mathematic Education (RME),Open Ended, Matematika. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika, antara lain: (1) Siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dan cenderung bersikap pasif; (2) Siswa mengobrol hal-hal diluar materi dengan temannya ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang membuat siswa aktif diantaranya RME dan open ended, RME adalah pembelajaran matematika dengan permasalahan kontekstual untuk menemukan konsep matematika, sedangkan open ended adalah pembelajaran matematika yang memggunakan permasalahan terbuka untuk menemukan konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pendekatan RME dengan pendekatan open endedpada materi pada materi bangun datar di kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan penelitian komparasi. Pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B dan VII C MTs Al Huda Bandung Tulungagung yang berjumlah 69 siswa. Teknik menggunakan teknik tes, obsevasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pelaksanaan pembelajaran RME dilaksanakan di kelas VII B diawali dengan pemberian masalah kontekstual kemudian ditarik konsep matematika lalu diberi pelatihan soal. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran open ended dilaksanakan di kelas VII C dilakukan dengan pemberian permasalahan terbuka lalu ditarik ke konssep matematika kemudian latihan soal. Data yang diperoleh dari hasil post test kedua kelas diolah dengan menggunakan teknik independent sample test karena data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan RME dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan open ended pada materi bangun datar di kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagungtahun ajaran 2016/2017 dengan nilai T hitung>T tabel= 0,2136> 1,996 dan nilaiAsymp Sig (2-tailed)< 0,05 = 0,036< 0,05sehingga H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar kelas VII B yaitu 76,21 dan kelas VII C yaitu 68,19 yang artinya hasil belajar dengan menggunakan pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pendekatan open ended.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Spd 2814133097 JUHAN ARDI PRATAMA
Date Deposited: 31 Jan 2018 06:30
Last Modified: 31 Jan 2018 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7210

Actions (login required)

View Item View Item