PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ELISA NURUL AINI, 2817133041 (2018) PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Numbered Head Together Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Elisa Nurul Aini, NIM. 2817133041, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Numbered Head Together, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 2) adakah pengaruh metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) seberapa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode Numberd Head Together terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode Numberd Head Together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Numberd Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan, serta dokumentasi madrasah. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar peserta didik MI Podorejo yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik MI Podorejo yang digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan nilai thitung (2,291) > ttabel (2,048) pada taraf signifikansi 5%, 2) ada pengaruh metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan nilai thitung (3,170) > ttabel (2,048) pada taraf signifikansi 5%, 3) besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik Fikih kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dapat dilihat dari perhitungan effect size pada uji t dengan menggunakan rumus Cohen’s d from t-test, mempunyai pengaruh cukup besar dengan presentase 86% untuk motivasi belajar dan 88% untuk hasil belajar, maka metode Numbered Head Together dapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133041 ELISA NURUL AINI
Date Deposited: 19 Mar 2018 01:10
Last Modified: 19 Mar 2018 01:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item