PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SITI NURRAHMAWATI, 2814133183 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Siti Nurrahmawati, NIM. 2814133183 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT). Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang berani mengajukan pertanyaan, siswa masih kesulitan saat mengerjakan soal mengenai materi pokok kubus dan balik, sebagian siswa tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model Numbered Heads Together adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif structural, yeng menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Dengan numbered heads together, siswa dibimbing untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan materi yang dipelajarinya melalui diskusi kelompok. Adapun yang menjadi tujuan ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sample random sampling, dengan sampelnya adalah kelas VIII-B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 52 siswa. Dalam teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan: 1) Dokumentasi, 2) Tes, 3) Angket. Pada penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji Analysis Varians Multivarians (MANOVA) Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung (5,170) > Ftabel (4,03) dan nilai Sig. 0,027 < 0,05 karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung (18,753) > Ftabel (4,03) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan oleh Dengan nilai Fhitung (11,983) > Ftabel (3,17) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 karena Fhitung > Ftabel untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan, maka H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133183 SITI NURRAHMAWATI
Date Deposited: 21 Mar 2018 01:43
Last Modified: 21 Mar 2018 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item