SITI NURRAHMAWATI, 2814133183 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (992kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (619kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (415kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Siti Nurrahmawati, NIM. 2814133183 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT). Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang berani mengajukan pertanyaan, siswa masih kesulitan saat mengerjakan soal mengenai materi pokok kubus dan balik, sebagian siswa tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model Numbered Heads Together adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif structural, yeng menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Dengan numbered heads together, siswa dibimbing untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan materi yang dipelajarinya melalui diskusi kelompok. Adapun yang menjadi tujuan ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sample random sampling, dengan sampelnya adalah kelas VIII-B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 52 siswa. Dalam teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan: 1) Dokumentasi, 2) Tes, 3) Angket. Pada penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji Analysis Varians Multivarians (MANOVA) Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung (5,170) > Ftabel (4,03) dan nilai Sig. 0,027 < 0,05 karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung (18,753) > Ftabel (4,03) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan oleh Dengan nilai Fhitung (11,983) > Ftabel (3,17) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 karena Fhitung > Ftabel untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan, maka H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133183 SITI NURRAHMAWATI |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 01:43 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7373 |
Actions (login required)
View Item |