OPTIMALISASI PELAYANAN PENDAFTARAN PENCARI KERJA DI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN BLITAR MENURUT PERSPEKTIF ISLAM

APRIANI PRAMUDITA, 1742143034 (2018) OPTIMALISASI PELAYANAN PENDAFTARAN PENCARI KERJA DI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN BLITAR MENURUT PERSPEKTIF ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Pelayanan Pendaftaran Pencari Kerja Di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Menurut Perspektif Islam” ini ditulis oleh Apriani Pramudita , NIM 1742143034, pembimbing Dr. H. Asmawi M.Ag Memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh pihak pemerintahan. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini jumlah penduduk di Indonesia semakin besar, oleh karena itu dibutuhkan banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai pencari kerja, masyarakat saling bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak para pencari kerja yang memutuskan untuk mencari pekerjaan yang berada di luar negeri atau luar kota dikarenakan jumlah pekerjaan yang ada tidak mampu memenuhi banyaknya para pencari kerja yang ada, khususnya di wilayah kabupaten Blitar. Di sini peran pemerintah sangatlah dibutuhkan yaitu dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat. dinas tenaga kerja kabupaten Blitar menjadi salah satu instansi pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar berupaya memberikan pelayanan untuk membantu masyarakat dalam pencarian kerja secara sah dan menghindari dari tindakan kecurangan yang merugikan serta membantu dalam penyebaran tenaga kerja. Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana teknik pelayanan yang diterapkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, (2) Bagaimana teknik pelayanan yang diterapkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar ditinjau dari perspektif Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui teknik pelayanan yang diterapkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, (2) Untuk mengetahui teknik pelayanan yang diterapkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar ditinjau dari perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan secara objektif terhadap masalah-masalah penelitian. Teknik pengumpulan daya menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dengan jumlah responden sebanyak 9 responden yaitu 7 dari masyarakat selaku pencari kerja dan 2 dari pihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar serta dokumentasi. Selanjutnya, penelitian di analisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelayanan yang diberikan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar sudah baik dari segi penyampaian informasi dan kemampuan personilnya namun harus mengurangi penggunaan alat komunikasi ketika melakukan pelayanan, (2) pelayanan dari sudut pandang Islam di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar sudah sesuai. Pelayanan yang diberikan mengutamakan keadilan, pelayanan ramah menggunakan senyum, salam dan sapa serta segala informasi yang diberikan dapat dipertanggung jawabkan. Kata kunci : Pelayanan, Pencari Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143034 APRIANI PRAMUDITA
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:14
Last Modified: 23 Apr 2018 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item