Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung

Maryulin, Eni (2012) Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR RUJUKAN COET.docx

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK COET.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I COET - Copy.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II COET - Copy.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III COET NEW-Copy.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV COET-Copy.docx

Download (100kB)
[img] Text
BAB V COET-Copy.docx

Download (18kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Media Gambar Seri, Menulis Cerita pada Pelajaran Bahasa Indonesia, Siswa kelas III. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap kegiatan menulis sebuah cerita dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang menjadikan penghambat untuk mencapai keberhasilan siswa dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar siswa yang menganggap bahwa pelajaran menulis cerita sangat membosankan dan membutuhkan pemahaman yang tinggi apabila penyajiannya kurang menarik dan tidak bervariasi. Hal ini erat kaitannya dengan cara yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode serta media yang cocok untuk siswa. Salah satu media yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan media gambar seri, alasannya yaitu agar media gambar tersebut dapat menununtun urutan kejadian atau kronologi cerita, sehingga siswa dapat terusik imajinasinya untuk menuangkan idenya dalam tulisan sesuai dengan gambar. Berdasarkan hal tersebut diharapkan siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana respon siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dengan digunakannya media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia? (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerita siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dengan digunakannya media gambar seri pada pelajaran Bahasa Indonesia? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Mendeskripsikan respon siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dengan digunakannya media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia (3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerita siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dengan digunakannya media gambar seri pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan media gambar seri pada pelajaran Bahasa Indonesia, akhirnya dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa lebih mudah memahami materi, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari respon siswa yang sangat antusias dalam proses belajar mengajar yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas siswa 82%, masuk dalam kategori baik, pada siklus II 91,11% masuk dalam kategori sangat baik. Demikian halnya dengan hasil observasi peneliti pada siklus I 84% yang masuk dalam kategori baik dan pada siklus II 94% yang masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I yaitu 74,53 untuk siklus II yaitu 80,03, dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa ada peningkatan yang signitifikan pada rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,5. Sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus I 69,23% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92,30% yang masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 06:12
Last Modified: 26 Jan 2015 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item