PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 9 BLITAR

DEWI WIJAYANTI, 1 725143062 (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV di MIN 9 Blitar” ini ditulis oleh Dewi Wijayanti, NIM. 1725143062, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata kunci: Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil belajar Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataanya, saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khusunya mata pelajaran fiqih. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi metode pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meninggkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah metode mind mapping. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar? (2) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar? (3) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Dokumentasi, (2) Tes, (3) Angket. Teknis analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar diperoleh sig. 0,001 < 0,05, data pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar fiqih diperoleh sig. 0,002 < 0,05, data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih dipeoleh 0,000 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar. Dengan meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas diharapkan guru menerapkan inovasi metode pembelajaran mind mapping untuk memaksimalkan kerja otak peserta didik dengan menggunakan gambar, simbol, dan warna-warna sehingga dapat membantu peserta didik mengingat dan memahami serta tidak mudah cepat bosan ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung khususnya mata pelajaran fiqih. Sehingga dapat tercapainya hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1 725143062 DEWI WIJAYANTI
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:10
Last Modified: 09 Aug 2018 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8465

Actions (login required)

View Item View Item