PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

NIABATUL ‘IZZA, 1721143302 (2018) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (737kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Niabatul ‘Izza NIM 1721143302. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz M.Pd.I. Kata Kunci : Sumber Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Sehingga guru dalam pengajarannya dapat memanfaatkan sumber belajar sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Semakin guru kreatif dalam memanfaatkan sumber belajar, maka akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran, sehinggga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik dan lebih meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar cetak terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar cetak dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 271 siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung dengan jumlah sampel diambil sebesar 25% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 68 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu sumber belajar dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan uji regresi linear sederhana, linear berganda, dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sumber belajar cetak terhadap prestasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel atau 2,323 > 1,996 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) sumber belajar lingkungan terhadap prestasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel atau 2,257 > 1,996 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) sumber belajar cetak dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dengan dibuktikan dari hasil Fhitung > Ftabel atau 5,843 > 3,99 dan Fsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143302 NIABATUL ‘IZZA
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:45
Last Modified: 26 Jul 2018 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item