PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI NEGERI 6 TULUNGAGUNG

SELLI ARLIKA SARI, 1725143267 (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V MI Negeri 6 Tulungagung” di tulis oleh Selli Arlika Sari, NIM .1725143267. Juruuru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018, yang dibimbing Drs. H. Masduki, M,Ag NIP.19620708 1998 03 1001 Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka, yang berdampak pada kurangnya motivasi dan perhatian yang di peroleh dari orang tua mereka untuk mendukung kegiatan belajar di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Kurangnya perhatian yang di peroleh oleh anak akan berdampak terhadap motivasi dan prestasi belajar dalam bentuk nilai ulangan mereka di sekolah. Perhatian orang tua sangatlah mendukung dalam kegiatan belajar anak di sekolah maupun di rumah. Anak yang mendapat perhatian dari orang tua menjadikan mereka lebih termotivasi dalam belajar yang berdampak pada prestasi belajar dalam berbentuk nilai ualangan menjadi meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MI Negeri 6 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anak kelas V MI Negeri 6 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar anak kelas V MI Negeri 6 Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik MI Negeri 6 Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik MI Negeri 6 Tulungagung (3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik MI Negeri 6 Tulungagung. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas V MI Negeri 6 Tulungagung, sampelnya 18 orang, teknik samplingnya menggunakan Nonprobabiliti Sampling jenis sampling purposive. variabel penelitiannya adalah independent variabel dan dependent variabel, teknik dan instrument pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji Multivariate Analisist of Variance (MANOVA) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MI Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji t-test motivasi belajar peserta didik nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji t-test prestasi belajar peserta didik diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.(3) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik MI Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji Multivariate menunjukkan bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelompok memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,033 < 0,05. Artinya harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143267 SELLI ARLIKA SARI
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:24
Last Modified: 09 Aug 2018 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8859

Actions (login required)

View Item View Item