PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MI AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KALIOMBO KOTA KEDIRI

IMA SYAMFARIDA, 1725143126 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MI AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KALIOMBO KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Ima Syamfarida, 1725143126, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Fiqih Peserta Didik MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mempelajari ilmu Fiqih. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah serta penggunaan metode stad dan jigsaw yang masih kurang efektif dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Peneliti dalam hal ini melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar Fiqih Peserta didik Kelas III MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar Fiqih Peserta didik Kelas III MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan menggunakan desain penelitian matching only post test only control group design. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III B dan III C MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis independen sampel t-test angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,002. Nilai Sig.< 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap motivasi belajar peserta didik MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri, (2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih peserta didik MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri sebesar 76% dan tergolong sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode NHT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik fiqih MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143126 IMA SYAMFARIDA
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:39
Last Modified: 14 Aug 2018 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8949

Actions (login required)

View Item View Item