KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH SISWA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

MAHJATUL KARIMAH, 1721143434 (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH SISWA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Siswa di MTsN 6 Tulungagung” ini di tulis oleh Mahjatul Karimah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 1721143434 Tahun 2018 dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S.Ag, M.Pd. I. Kata Kunci: Kompetensi profesional Guru, Minat Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa seorang guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Seorang guru diharapkan mengajarkan nilai-nilai keagamaan tidak sekedar teori namun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya mata pelajaran fiqih karena fiqih berkaitan dengan ibadah ubudiyah atau ibadah sehari-hari. Oleh karena itu guru berperan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa. Fokus Penelitian ini adalah: 1 ) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru dalam Penguasaan Materi untuk meningkatkan minat belajar Fiqih Siswa di MTsN 6 Tulungagung? 2) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Metode untuk meningkatkan minat belajar Fiqih Siswa di MTsN 6 Tulungagung? 3) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru dalam Pemanfaatan Media untuk meningkatkan minat belajar Fiqih Siswa di MTsN 6 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTsN 6 Tulungagung. Data yang peneliti peneliti dapatkan dari waka kurikulum, guru mata pelajaran fiqih kelas VII dan VIII serta siswa. Metode yang digunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian: 1) Kompetensi Profesional Guru Dalam Penguasaan Materi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Siswa Di MTsN 6 Tulungagung: Guru melakukan peningkatan penguasaan materi Pelajaran Fiqih secara mandiri dengan membaca buku yang berkaitan dengan materi, mencari informasi di internet, mengikuti diklat mata pelajaran, workshop dan berdiskusi dengan teman sejawat. 2) Kompetensi Professional Guru Dalam Penggunaan Metode Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Siswa Di MTsN 6 Tulungagung: Metode yang sering guru digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran Fiqih adalah dengan metode ceramah, diskusi kelompok, Tanya jawab dan demonstrasi. 3) Kompetensi Profesional Guru Dalam Pemanfaatan Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Siswa Di MTsN 6 Tulungagung: Media yang digunakan dalam pembelajaran diantaranya: LCD proyektor, video, peta konsep, alat peraga dan papan tulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143434 MAHJATUL KARIMAH
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:31
Last Modified: 29 Aug 2018 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9153

Actions (login required)

View Item View Item