PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII MTsN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

PUPUT OGTAVIATUL FAHRIAN, 1724143201 (2018) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII MTsN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Puput Ogtaviatul Fahrian dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning Adanya kesulitan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika dikarenakan, penyampaian materi ajar yang kurang menarik dari guru, siswa belum mampu menghubungkan materi yang dipelajari kedalam kehidupan sehai-hari, sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar yang rendah, Selain itu, dilihat dari segi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih banyak yang menggunakan pembelajaran secara konvensional, yang diterima siswa hanyalah penonjolan tingkat hafalan dari sekian macam topik, tetapi belum diikuti dengan pengertian dan pemahaman yang mendalam yang bisa diterapkan ketika mereka berhadapan dengan situasi baru dalam kehidupannya, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa bisa menerapkan sebuah Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika antara model Discovery Learning dan Problem Based Learning materi penyajian data pada kelas VII MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Discovery Learning dan Problem Based Learning materi penyajian data pada kelas VII MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, dan jenis penelitian yang diterapkan yaitu eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 4 Tulunagagung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas VII E sebanyak 36 siswa dan kelas VII G sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, di uji dengan menggunakan uji T-Test. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui, (1) Ada perbedaan motivasi belajar antara menggunakan model discovery learning dan model problem based learning materi penyajian data siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018. Hal ini sesuai dengan hasil uji T-Test diperoleh nilai sig. 0,000 0,05. (2) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara menggunakan model discovery learning dan model problem based learningpen materi penyajian data siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018. Hal ini sesuai dengan hasil uji T-Test diperoleh nilai sig. 0,000 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143201 PUPUT OGTAVIATUL FAHRIAN
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:38
Last Modified: 21 Sep 2018 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9458

Actions (login required)

View Item View Item