PATTARAPAN SONYALAEH, 1721143329 (2018) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (558kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (456kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Di MTsN 8 Tulungagung”, disusun oleh Pattarapan Sonyalaeh, NIM. 1721143329, Jurusan Penddikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata kunci : Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa di MTsN 8 Tulungagung. Adapun pokok bahasan yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tingkat kecerdasan spiritual siswa di MTsN 8 Tulungagung. (2) Bagaimana prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung. (3) Adakah pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa di MTsN 8 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan spiritual (X), pada prestasi belajar akidah akhlak siswa (Y). Dalam pelaksanaan penelitian ini digunakan populasi data penelitian terdiri dari kelas VII di MTsN 8 Tulungagung sebanyak lima kelas mengambil sebagian saja dari seluruh obyek yang diselidiki. Sampel yang digunakan yaitu siswa-siswi kelas VII Ali dan kelas VII Usman, sejumlah 44 siswa di MTsN 8 Tulungagung. Dalam penelitian ini sampel diambil pada dua kelas yang ada berdasarkan purposive sampling atau sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tingkat kecerdasan spiritual siswa di MTsN 8 Tulungagung dengan hasil probabilitas (sig) adalah 0,00 < tingkat signifikansi (a) adalah 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat nilai tingkat kecerdasan spiritual lebih dari nilai 52. Bisa disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan spiritual siswa di MTsN 8 Tulungagung berada di tingkat baik. (2) Prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung dengan hasil probabilitas (sig) 0,00 < tingkat signifikansi (a) adalah 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat nilai prestasi belajar siswa lebih dari nilai 85. Bisa disimpulkan bahwa prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung itu berada di tingkat baik. (3) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTsN 8 Tulungagung hasil perhitungan analisis korelasi antara variabel X (kecerdasan spiritual) dan variabel xvi Y (prestasi belajar akidah akhlak), menggunakan program SPSS yaitu F hitung = 0,932, F tabel sebesar 0,003979, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap pestasi belajar siswa di MTsN 8 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143329 pattarapan sonyalaeh |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 03:56 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9532 |
Actions (login required)
View Item |