Mu’animah, Nurul (2012) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung semester genap tahun ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
Awal-Q.docx Download (112kB) |
|
Text
BAB I - V.docx Download (148kB) |
|
Text
BAB I Q.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II Q.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III Q.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB IV Q.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB V Q.docx Download (17kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.docx Download (25kB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar Matematika, Bangun Ruang Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa selama ini guru cenderung memakai metode ceramah dalam penyampaian materi, sehingga siswa merasa jenuh dengan suasana tersebut yang mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran yang baru agar siswa dapat termotivasi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Salah satu metode pembelajaran yang diyakini bisa mendorong motivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut karena di dalamnya terdapat diskusi kelompok yang melibatkan siswa saling belajar bersama dalam diskusi yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung? (2) Seberapa besarkah pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggalii data tentang populasi, sampel, dan dokumen sekolah. Penelitian dilaksanakan di UPTD SMP N 1 Ngunut dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen. Pola penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini penulis mengambil nilai rapor semester 1 untuk mengetahui homogenitas dari kedua kelas. Selanjutnya peneliti memberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan tidak diberikan perlakuan pada kelas kontrol. Post test yang sudah teruji validitasnya, diberikan pada akhir penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus uji t-test. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung semester genap tahun ajaran 2011/2012. Hasil hitung menggunakan uji t-test diperoleh thitung = 2,9 dengan db = 68 pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,000. Oleh karena thitung > ttabel maka penelitian yang dilakukan mempunyai pengaruh artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan pembelajaran matematika dengan metode konvensional. Sedangakan besarnya pengaruh dari penelitian ini adalah 13,54%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 03:53 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/979 |
Actions (login required)
View Item |