TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH SENTRA JAJANAN KHAS KABUPATEN TRENGGALEK

Cacan Nur Thobibah, 1642143049 (2018) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH SENTRA JAJANAN KHAS KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Sentra Jajanan Khas Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Cacan Nur Thobibah, NIM 1742143049, pembimbing Dr. H. Asmawi, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan UMKM di Indonesia yang masih banyak dihadapkan oleh berbagai kendala yang menyebabkan lemahnya daya saing terhadap produk impor. Sedangkan dalam hal ini Indonesia menunjukkan bisa menjadi pasar yang potensial bagi negara lain. Selain itu adanya tingkat konsumtif yang rendah di Kabupaten Trenggalek yang dapat mempengaruhi perkembangan UMKM di kabupaten Trenggalek. Fokus penelitian dan tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM sentra jajannan khas kabupaten Trenggalek (2) Tinjauan ekonomi Islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM sentra jajanan khas kabupaten Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan data yang diambil adalah menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dengan pemilik atau pengelola beberapa UMKM kabupaten Trenggalek di sentra jajanan khas Trenggalek. Adapun hasil penelitian, diperoleh bahwa faktor utama yang mempengaruhi pendapatanya itu adanya peningkatan permintaan di bulan-bulan tertentu. Itu terjadi ketika datang musim liburan semester, musim mudik, hari raya dan juga saat musim pernikahan. Sedang kan faktor-faktor lain berpengaruh meskipun tidak signifikan. Sedangkan jika ditinjau dari segi ekonomi Islam pendapatan akan berbanding lurus dengan kesadaran menunaikan zakat niaga, kejujuran baik dalam segi produk maupun promosi, serta juga adanya pelayanan yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E 1742143049 Cacan Nur Thobibah
Date Deposited: 04 Dec 2018 08:01
Last Modified: 04 Dec 2018 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9881

Actions (login required)

View Item View Item