PENERAPAN MEDIA POHON KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM MEMBACA PADA ANAK TK DI KELOMPOK B DI TK AR-ROHMAN PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

NADHIFAH, 1726143033 (2019) PENERAPAN MEDIA POHON KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM MEMBACA PADA ANAK TK DI KELOMPOK B DI TK AR-ROHMAN PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Media Pohon Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dalam Membaca pada Anak TK di Kelompok B di TK Ar-Rohman Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Nadhifah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidkan Islam Anak Usia Dini, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Luluk Atirotu Zahro’, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa dalam Membaca melalui Media Pohon Kata Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran dengan media pohon kata jarang dilakukan khususnya pada pengembangan membaca. Kondisi yang sering dilakukan guru hanya memberikan pembelajaran membaca dengan cara yang kurang menarik, sehingga anak kurang memperhatikan keterangan dari guru. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dengan topik penggunaan media pohon kata dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak didik terutama dalam ketrampilan membaca anak Rumusan masalahnya adalah adalah 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan media pohon kata untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di Kelompok B di TK Ar-Rohman Plosokandang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Apakah penerapan media pohon kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam membaca anak di Kelompok B di TK Ar-Rohman Plosokandang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Data-data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi dam dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan (condusion drawing) Hasil penelitiannya adalah 1) Penerapan media pohon kata untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di Kelompok B di TK Ar Rohman Plosokandang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018, pelaksanaan penelitian berlangsung selama 3 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan siklus III. Setiap siklus membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa dalam membaca anak melalui Media pohon kata. Dalam pelaksanaan penelitian ini, setiap siklus terbagi dalam tiga tahap kegiatan yaitu (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti (3) kegiatan penutup. 2) Hasil penerapan media pohon kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam membaca anak di Kelompok B di TK Ar-Rohman Plosokandang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 70, mengalami peningkatan pada Siklus II sebesar 73.33%, dan siklus III sebesar 96,66%. Selanjutnya untuk hasil rata-rata observasi terhadap anak pada siklus I anak mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 16 anak atau 76.19% dan hanya 5 anak atau 23.81% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH), pada Siklus II anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 4 anak atau 19.05% dan 17 anak atau 80.95% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada siklus III anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 3 anak atau 14.29% dan 15 anak atau 71.42% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) serta 3 anak atau 14.29% mempunyai capaian akhir perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143033 NADHIFAH
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:00
Last Modified: 24 Apr 2019 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item